Baranov Museum

Mengintip Keindahan Museum Baranov yang Memanjakan Mata

Mengintip Keindahan Museum Baranov yang Memanjakan Mata – Setiap orang khususnya pecinta sejarah pasti tahu dengan istilah museum. Ya, istilah museum sendiri berasal dari mouseion (Yunani) yang merujuk pafa nama kuil untuk sembilan Dewi Muses yang melambangkan ilmu pengetahuan dan kesenian. Oleh sebab itu, museum digunakan untuk menyimpan atau mengoleksi barang-barang bersejarah yang mengandung unsur seni dan sejarah seperti aneka karya seni (lukisan, patung, dan sebagainya), manuskrip, artefak, dan masih banyak lagi. Barang-barang tersebut seringkali memuat kaunikan nilai sejarah masyarakat tertentu dan dokumentasi pemikiran yang bisa dimanfaatkan untuk bahan studi masa depan. Museum pun bisa berasal dari berbagai macam bagunan mulai dari rumah, gedung, gudang, dan sebagainya asalkan memiliki koleksi benda bersejarah yang artistik.

Amerika Serikat menjadi salah satu negara dengan situs bersejarah dan museum terbanyak di dunia. Kondisi ini menunjukkan beragamnya peradaban masyarakat yang berkembang di wilayahnya. Salah satu museum tertua yang memiliki nilai sejarah tinggi adalah Museum Baranov. Museum ini terletak di Kota Kodak, Kepulauan Kodak, Alasaka sehingga disebut juga sebagai Museum Kodak. Museum digunakan untuk menghargai perjuangan Alexander Andreevich Baranov, seorang perintis sekaligus penguasa perusahaan Rusia-Amerika pertama di dunia. Rumah tempat tinggalnya yang terletak di Kota Kodiak inilah yang dijadikan sebuah museum untuk melestarikan keberadaanya karena mengandung nilai sejarah berupa monumen arsitektur Rusia tertua yang ada di Amerika Serikat. Berkat keindahan arsitektur dan aneka benda bersejarahnya membuat Museum Baranov berhasil masuk ke dalam daftar tempat bersejarah nasional Amerika Serikat pada tahun 1966.

Proses alih fungsi rumah tempat tinggal menjadi Museum Baranov tidaklah semudah yang dibayangkan karena terbentur oleh kondisi ekonomi pemilik dan bencana alam. Kota Kodiak sendiri mulai terbentuk pada saat ekspansi bisnis Rusia-Amerika mulai terjadi di Alaska dengan membangun Pelabuhan Pavlovsk di pantai Pulau Kodiak. Pelabuhan tersebut digunakan untuk memperlancar aktivitas perusahaan Rusia-Amerika sehingga banyak orang Rusia yang datang dan membangun pemukiman di pulau ini, termasuk rumah Baronov. Rumah Baronov semula difungsikan sebagai tempat penyimpanan produk majalah yang diproduksi oleh Perusahaan Amerika Rusia. Namun, ketika Alaska diambil alih oleh Amerika Serikat membuat rumah Baronov dibeli oleh Perusahaan Komersial Alaska untuk melanjutkan operasional bisnis yang sebelumnya dilakukan oleh pihak Rusia.

Rumah Baronov kembali dijual oleh Perusahaan Komersial Alaska kepada W. J. Erskine pada tahun 1911 untuk dijadikan hunian pribadi. Rumah ini juga sempat direnovasi bagian pondasi dan terasnya oleh sang pemilik. Namun, pada tahun 1948 kembali dijual kepada perusahaan persewaan rumah karena kebutuhan ekonomi. Sampai pada akhirnya terkena bencana gempa dan tsunami hebat yang melanda Alaska pada tahun 1964. Kerusakan pun tak dapat dihindarkan dan harus diserahkan kepada otoritas setempat untuk dibangun ulang. Pada akhirnya pihak otoritas setempat menyerahkannya ke pemerintah Kota Kodiak pada tahun 1967 agar bisa dimanfaatkan oleh Komunitas Kodiak sebagai objek bersejarah.

Keindahan Museum Baranov yang Memanjakan Mata

Proses akulturasi yang menghadirkan budaya yang khas dan unuk membuat panduduk sekita membuat suatu komunitas yang disebut Komunitas Kodiak Komunitas ini digunakan sebagai wadah berkumpulnya masyarakat untuk mempererat tali persaudaraan sekaligus mempertahankan nilai sejarah masyarakat Kodiak. Bahkan komunitas ini juga memperharikan perkembangan nilai produktivitas masyarakat untuk meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat Kodiak melalui sektor pariwisata. Komunitas kodiak sering mengadakan perkumpulan di Museum Baronov sekaligus mengenalkan kepada pengunjung tentang kondisi sosial budaya dan sejarah masyarakat Kodiak.Tak heran jika para pengunjung yang datang selalu dimanjakan dengan berbagai acara kebudayaan khas masyarakat Kodiak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!