Baranov Museum

Mengenal Sejarah Berdirinya Museum Baranov di Alaska

Mengenal Sejarah Berdirinya Museum Baranov di Alaska – Pariwisata merupakan salah satu sektor yang mulai digunakan untuk memicu pertumbuhan eknomi suatu wilayah. Sektor ini dianggap ampuh untuk memperkenalkan kekayaan alam dan budaya yang terdapat pada suatu wilayah kepada masyarakat dunia. Jenis pariwisata yang digunakan juga beragam bentuknya, tergantung pada objek wisata yang diusung seperti wisata alam, wisata belanja, wisata budaya, wisata keagamaan, wisata pendidikan, dan masih banyak lagi. Pengetahuan tentang jenis-jenis pariwisata tersebut penting untuk diketahui khsusnya bagi anda yang sedang memiliki renacana kegiatan pariwisata dalam waktu dekat.

Salah satu jenis pariwisata yang memiliki manfaat khusus karena mengandung unsur pendidikan mengenai sejarah adalah wisata budaya. Jenis wisata ini mengusung nilai-nilai sejarah pada objek wisata seperti museum, monumen, gedung, kota, desa, bangunan-bangunan keagamaan, serta berbagai tempat yang memiliki nilai sejarah lainnya. Museum menjadi objek wisata budaya terlengkap karena merupakan tempat pengumpulan, perawatan, dan penyajian aneka produk hasil karya penduduk sekitar yang mencerminkan kondisi sosial budayanya.
Salah satu museum yang memiliki nilai sejarah tinggi dan patut anda kunjungi adalah Museum Baranov. Museum yang terletak di Kodak, Alaska (salah satu negara bagian Amerika Serikat) ini juga dikenal sebagai Museum Sejarah Kodiak. Museum ini berada pada sebuah bangunan nasional bersejarah lainnya yang dikenal dengan nama Rusia-Amerika Magazine dan Erskine House. Lokasi ini juga digunakan sebagai kompleks perkantoran Masyarakat Serajah Kodiak (Kodiak Historical Society). Museum Baranov yang dibangun sejak tahun 1810 juga disebut sebagai bangunan bersejarah tertua dari beberapa bagunan bersejarah lainnya yang dibangun oleh Rusia ketika Alaska masih menjadi bagian dari wilayahnya.

Koleksi museum yang dipertontonkan kepada pengunjung difokuskan pada aneka produk sejarah di Kepulauan Kodiak dan sekitarnya. Nuansa museum yang ditampilkan juga menunjukkan perpaduan antara kultur Rusia dan Amerikan untuk menunjukkan proses akulturasi budaya yang terjadi di Kepulauan Kodiak. Terlebih, masyarakat di sekitar lokasi museum juga membentuk suatu komunitas yang bertujuan untuk mempertahankan dan melestarikan nilai sejarah Kodiak serta mengembangkan produktivitas masyarakatnya dengan nama Komunitas Kodiak. Kehadiran komunitas ini juga digunakan sebagai fasilitator wisatawan yang hadir mengunjungi museum dengan menyuguhkan berbagai acara kebudayaan tradisional mereka. Komunitas Kodiak juga aktif melakukan perkumpulan secara rutin di sekitar museum untuk memperetar rasa persaudaraan. Perkumpulan tersebut digunakan untuk berbagi cerita seputar sejarah Kodiak dan isu-isu terkini yang mampu digunakan untuk meningkatkan nilai objek wisata di Kodiak.

Komunitas Kodiak sebenarnya sudah didirikan sejak 1793 oleh Pavlovsk, seorang pimpinan permukinan permanen Rusia pertama di Amerika Utara sekaligus menjadi ibu kora teritorial hingga tahun 1808. Bangunan museum dan permukiman penduduk mulai dibangun pada dekade pertama abad ke-19 sebagai tempat untuk menyimpan majalah (magazine) oleh Perusahaan Amerika Rusia. Kepemilikan bangunan tersebut juga sempat mengalami perpindahan kepemilikan beberapa kali. Saat Alaska diambil alih oleh Amerika Serikat, bangunan tersebut dibeli oleh Perusahaan Komersial Alaska untuk melanjutkan operasional bisnisnya yang sebelumnya dlakukan oleh Rusia.

Sejarah Berdirinya Museum Baranov di Alaska

Bangunan bersejarah ini juga sempat dijual kepada W.J. Erskine untuk digunakan sebagai tempat tinggal pribadi pada tahun 1911. Selama digunakan sebagai tempat tinggal, bangunan ini mengalami sedikit renovasi dengan penambahan pondasi baru bermaterialkan batu dan menutup serambi terasnya. Pada tahun 1948 pemilik menjualnya kembali kepada perusahaan IDN Poker. Namun, bangunan ini mengalami kerusakan yang cukup parah akibat bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda Alaska pada tahun 1964. Pada akhirnya bangunan ini direnovasi oleh pihak otoritas setempat dan dikembalikan kepemilikannya kepada Komunitas Kodiak pada tahun 1967.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!