Baranov Museum

Pesona Museum Baranov di Mata Pengunjung

Museum merupakan sebuah istilah yang berasal dari Yunani dan menunjuk sebuah kuil bagi Dewi Muses. Menurut mitologi Yunani, sang demi merupakan lambang dari kesenian dan ilmu pengetahuan. Tak mengherankan jika museum kerap kali dimanfaatkan sebagai tempat dimana barang bersejarah berunsur seni disimpan di tempat ini. Museum dapat berasal dari bangunan seperti rumah, gedung dan bangunan lainnya yang bernilai artistik. Amerika menjadi salah satu negara yang memiliki banyak museum bersejarah di dunia. Hal tersebut menunjukkan bahwa perkembangan peradaban manusia terjadi di tempat tersebut. Museum Baranov menjadi jenis museum yang bernilai sejarah tinggi. Museum yang berada di kepulauan Kodak, Alaska ini dikenal juga dengan sebutan Museum Kodiak. Bangunan bersejarah yang berlokasi di Alaska ini merupakan bangunan yang dibangun dengan tujuan memberikan penghargaan kepada peristis perusahaan negara Rusia – Amerika pertama kalinya di dunia.

Sebelum menjadi museum, bangunan ini merupakan tempat tinggal sang perintis. Karena memiliki nilai bersejarah yang tinggi berupa monumen arsitektur yang tertua di negara Amerika, tempat tingga Alexander Andreevich Baranov ini kini menjadi museum ternama di dunia. Keindahan arsitektur bangunan yang dimilikinya menjadikan museum ini masuk ke dalam jajaran lokasi bersejarah yang ada di Amerika pada tahun 1966. Peralihan fungsi tempat tinggal dilakukan dengan proses yang cukup sulit akibat bencana alam dan kondisi perekonomian yang dialami oleh pemilik ketika itu. Bisnis Rusia dan Amerika mulai mengalami perkembangan di Alaska melalui pembangunan pelabuhan Pavlovks. Pelabuhan digunakan guna mempelancar kegiatan perusahaan sehingga orang-orang asal Rusia merasa tertarik untuk membangun hunian di pulau dimana museum berada.

Meskipun memiliki sejarah yang begitu panjang, kini museum Baranov menjadi bangunan yang menarik minat wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal, pengunjung yang berasal dari penjuru dunia juga tertarik dengan keindahan dan keunikan yang dimiliki oleh museum ini. Di dalam museum ini, pengunjung dapat menemukan produk seni bernilai sejarah yang dipamerkan. Produk seni tersebut berisikan hal-hal yang berkaitan dengan perpaduan budaya antara Amerika Serikat dan Rusia. Jika diperhatikan dengan seksama, museum Baranov memiliki bangunan yang nampak seperti rumah biasa. Hal tersebut disebabkan oleh seluk beluk dari pembangunan museum ini. Sebelum dijadikan sebuah museum, bangunan ini merupakan sebuah hunian milik seorang pengusaha judi bola. Museum Baranov jatuh ke tangan pemerintah kota Kodiak sejak tahun 1967 sehingga dapat digunakan sebagai lokasi bersejarah dan memberikan pengetahuan kepada orang-orang di sekitar.

Proses akulturasi mampu melahirkan budaya yang khas sehingga penduduk yang tinggal di sekitar museum membentuk sebuah komunitas. Komunitas yang dibentuk oleh warga sekitar dikenal dengan nama komunitas Kodiak. Komunitas dibentuk dengan tujuan sebagai tempat berkumpulnya masyarakat sehingga tali persaudaraan tetap terjalin. Komunitas ini juga dapat mempertahankan nilai sejarah yang di ada pada masyarakat Kodiak. Selain itu, komunitas Kodiak juga meningkatkan nilai produktivitas masyararakat guna meninggikan kualitas ekonomi para anggotanya. Dalam melakukan perencanaan dan diskusi, museum Baranov menjadi lokasi dimana komunitas sering berkumpul dan bertemu. Mereka tak segan untuk memberikan informasi kepada pengunjung yang datang ke museum mengenai sejarah masyarakat Kodiak dan kondisi sosial budaya yang ada. Tak mengherankan jika pengunjung yang datang ke museum akan dimanjakan dengan acara kebudayaan masyarakat Kodiak. Hal ini pula yang menjadi pesona dan keunikan yang dinilai oleh para pengunjung ketika datang ke museum Baranov.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *